Contoh Tanwin Iwadl dalam Al-Qu'ran dan Kalimat Sehari-hari

Daftar Isi

Termasuk tanda-tanda kalimah isim yaitu patut kemasukan tanwin. Tanwin yang menjadi tandanya kalimah isim tersebut dibagi menjadi 4 jenis, di  antaranya yaitu tanwin iwadh atau tanwin pengganti. Sebagaimana yang telah kami jelaskan pada artikel kami sebelumnya.

Baca juga : Pengertian Tanwin, Jenis-jenis, dan Contoh Penggunaannya

Tanwin iwadh adalah tanwin yang berfungsi sebagai pengganti jumlah/kalimah yang dibuang. Dalam kaidah bahasa Arab, tanwin jenis ini digolongkan menjadi tiga macam, yaitu tanwin iwadh an al-jumlah (pengganti dari jumlah), iwadh an al-ismi (pengganti dari isim), dan iwadh an al-harfi (pengganti dari huruf). Berikut ini adalah contoh tanwin iwadl dalam al-Qur'an dan kalimat sehari-hari.

Contoh Tanwin Iwadh dalam Kalimat Sehari-hari :

لَمْ تَكُنْ حِيْنَئِذٍ هَوَاتِفُ ذَكِيَّةٌ (Saat itu belum ada smartphone).

Contoh Tanwin Iwadh dalam Q.S Al-Waqi'ah ayat 84 :

وَأَنْتُمْ حِيْنَئِذٍ تَنْظُرُوْنَ (Padahal kalian ketika itu melihat).

Contoh Tanwin Iwadh dalam Q.S Al-Baqarah Ayat 116 :

وَقَالُوا اتَّخَذَ اللّٰهُ وَلَدًا ۙ‌ سُبۡحٰنَهٗ ‌ؕ بَل لَّهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ؕ كُلٌّ لَّهٗ قَانِتُوۡنَ (Mereka (orang-orang kafir) berkata: "Allah mempunyai anak". Maha suci Allah, bahkan apa yang ada di langit dan di bumi adalah milik Allah; semua tunduk kepadanya).

Contoh Tanwin Iwadh dalam Kalimat Sehari-hari :

البُيُوْتُ حِيْنَئِذٍ لَمْ يَكُنْ فِيْهَا كَهْرَبَاءُ (Rumah-rumah saat itu belum ada listriknya).

Contoh Tanwin Iwadh dalam Q.S Al-Baqarah Ayat 148 :

وَلِكُلٍ وِجْهَةٌ هُوَ مُوَلِّيْهَا (Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya).

Contoh Tanwin Iwadh dalam Q.S An-Nisa Ayat 78 :

قُلْ كُلٌّ مِنْ عِنْدِ اللّهِ (Katakanlah: "semuanya (datang) dari sisi Allah").

Baca juga : Contoh Tanwin Tamkin dalam Al-Qur'an

Contoh Tanwin Iwadh dalam Kalimat Sehari-hari :

لَمْ نَعْرِفْ حِيْنَئِذٍ مَايُسَمَّى الآنَ بِالإِنْتِرْنِتِ (Waktu itu kita belum mengenal apa yang sekarang disebut dengan internet).

Contoh Tanwin Iwadh dalam Q.S Al Maidah Ayat 48 :

لِكُلٍّ جَعَلْنَ مِنْكُمْ شِرْعَةً وَمِنْهَاجًا (Untuk tiap-tiap umat di antara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang).

Contoh Tanwin Iwadh dalam Q.S Al-Araaf Ayat 41 :

لَهُمْ مِنْ جَهَنَّمَ مِهَادٌ وَمِنْ فَوْقِهِمْ غَوَاشٍ (Mereka memiliki tikar tidur dari api neraka dan di atas mereka terdapat selimut (api neraka)).

Contoh Tanwin Iwadh dalam Kalimat Sehari-hari :

جَاءَنِيْ لِلزِّيَارَةِ وَلكِنِّيْ حِيْنَئِذٍ لَمْ أَكُنْ فِي البَيْتِ (Dia datang berkunjung, akan tetapi saat itu Saya sedang tidak berada di rumah).

Itulah beberapa contoh tanwin iwadl dalam Al-Qur'an dan kalimat sehari-hari. Semoga contoh-contoh tersebut dapat membantu, sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Nahwu Shorof Online
Nahwu Shorof Online Media belajar bahasa Arab online terbaik, menyajikan materi ilmu Nahwu dan Shorof yang bersumber dari buku dan kitab bahasa Arab.